Selasa, 26 Januari 2016

TIPS MEMBUAT SURAT LAMARAN

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

1. Gunakan bahasa yang formal
Berbeda dalam keseharian kita, dalam dunia kerja kita dituntut untuk profesional baik itu dalam tindakan mapun dalam bertutur kata. Menggunakan bahasa yang formal dalam surat lamaran kerja dapat dijadikan sebuah penilaian seorang HRD kepada Anda secara profesional.

Bagaimana Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar

2. Hindari kesalahan dalam pengejaan dan penulisan kata

Pengejaan dan penulisan kata-kata  dalam surat lamaran kerja jika dilihat dari instristiknya merupakan hal yang sepele, namun dampak dari kesalah ejaan dan penulisan dalam surat lamaran kerja dapat berakibat fatal terhadap kemungkinan surat lamaran Anda diterima. Bagian HRD dapat menilai hal tersebut jika didalam surat lamaran kerja Anda terdapat kesalahan dalam ejaan serta penulisan kata, mereka dapat berkesimpulan bahwa Anda adalah orang yang ceroboh, tidak teliti dan hati-hati.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja

3. Tulis dengan singkat, padat, informatif, dan bersifat menjual
Pada poin ketiga ini sangat sering orang mengabaikannya “manjual”. Surat lamaran kerja haruslah ditulis dengan seefesien dan semaksimal mungkin serta informatif. Disamping itu kita harus “menjual diri”, artinya sampaikan dalam surat lamaran kerja yang Anda buat skil serta keahlian yang Anda miliki sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Jangan untarakan skil dan kemampuan Anda yang tidak ada hubungannya dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya posisi yang Anda lamar adalah sebagai Internal Auditor, utarakan skil dan kemampuan Anda yang ada hubungannya dengan internal auditor jangan mengutarakan selain diluar itu, hal ini akan sia-sia dan bertele-tele.
4. Tujukkan keprofesionalan Anda
Artinya hindari hal-hal berikut ini :
  • Jangan bertele-tele
  • Bahasanya jangan sok gaul
  • Bahasanya jangan sok akrab
  • Jika tidak diminta, jangan tuliskan besarnya gaji yang Anda harapkan
5. Jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan serta nama Anda
Itulah tips terpenting yang harus Anda perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja, Untuk contohnya saya akan memberikan contoh surat lamaran kerja yang efesien sesuai dengan tips yang saya sebutkan diatas, setelah surat lamaran kerja anda diterima dan lolos pada tes administrasi, anda akan menghadapi psikotes, silakan lihat materi tentang contoh soal psikotes di postingan yang lainnya.
Jika surat lamaran Anda diterima dan dipastikan lolos seleksi administrasi , Anda akan diminta untuk mengikuti test selanjutnya. Biasanya test tersebut adalah psikotes. Demikian ulasan singkat mengenai Tips Membuat Surat Lamaran Kerja
http://soal-psikotest.com/tips-membuat-surat-lamaran-kerja/

0 komentar:

Posting Komentar