Tips Membuat Surat Lamaran Kerja
1. Gunakan bahasa yang formal
Berbeda
dalam keseharian kita, dalam dunia kerja kita dituntut untuk
profesional baik itu dalam tindakan mapun dalam bertutur kata.
Menggunakan bahasa yang formal dalam surat lamaran kerja dapat dijadikan
sebuah penilaian seorang HRD kepada Anda secara profesional.
Bagaimana Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar
2. Hindari kesalahan dalam pengejaan dan penulisan kata
Pengejaan dan penulisan kata-kata dalam
surat lamaran kerja jika dilihat dari instristiknya merupakan hal yang
sepele, namun dampak dari kesalah ejaan dan penulisan dalam surat
lamaran kerja dapat berakibat fatal terhadap kemungkinan surat lamaran
Anda diterima. Bagian HRD dapat menilai hal tersebut jika didalam surat
lamaran kerja Anda terdapat kesalahan dalam ejaan serta penulisan kata,
mereka dapat berkesimpulan bahwa Anda adalah orang yang ceroboh, tidak
teliti dan hati-hati.
Tips Membuat Surat Lamaran Kerja
3. Tulis dengan singkat, padat, informatif, dan bersifat menjual
Pada poin ketiga ini sangat sering orang
mengabaikannya “manjual”. Surat lamaran kerja haruslah ditulis dengan
seefesien dan semaksimal mungkin serta informatif. Disamping itu kita
harus “menjual diri”, artinya sampaikan dalam surat lamaran kerja yang
Anda buat skil serta keahlian yang Anda miliki sesuai dengan posisi yang
Anda lamar. Jangan untarakan skil dan kemampuan Anda yang tidak ada
hubungannya dengan posisi yang Anda lamar. Misalnya posisi yang Anda
lamar adalah sebagai Internal Auditor, utarakan skil dan kemampuan Anda
yang ada hubungannya dengan internal auditor jangan mengutarakan selain
diluar itu, hal ini akan sia-sia dan bertele-tele.
4. Tujukkan keprofesionalan Anda
Artinya hindari hal-hal berikut ini :
- Jangan bertele-tele
- Bahasanya jangan sok gaul
- Bahasanya jangan sok akrab
- Jika tidak diminta, jangan tuliskan besarnya gaji yang Anda harapkan
5. Jangan lupa untuk mencantumkan tanda tangan serta nama Anda
Itulah tips terpenting yang harus Anda perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja, Untuk contohnya saya akan memberikan contoh surat lamaran kerja yang efesien sesuai dengan tips
yang saya sebutkan diatas, setelah surat lamaran kerja anda diterima
dan lolos pada tes administrasi, anda akan menghadapi psikotes, silakan
lihat materi tentang contoh soal psikotes di postingan yang lainnya.
Jika surat lamaran
Anda diterima dan dipastikan lolos seleksi administrasi , Anda akan
diminta untuk mengikuti test selanjutnya. Biasanya test tersebut adalah psikotes. Demikian ulasan singkat mengenai Tips Membuat Surat Lamaran Kerja
http://soal-psikotest.com/tips-membuat-surat-lamaran-kerja/
0 komentar:
Posting Komentar